Cegah Kurang Darah Dengan Makan Buah

KEKURANGAN ZAT BESI
KEKURANGAN ZAT BESI

Apakah hanya dengan mengonsumsi buah dapat mencegah anemia? Simak artikelnya berikut ini. Buah yang akan dibahas kali ini bisa kalian jadikan solusi untuk mengatasi kurang darah. Sehingga, dapat terhindar dari kurang darah dengan cara yang praktis dan nikmat. Ada juga macam-macam buah dan sayur yang memiliki kandungan nutrisi untuk penderita kurang darah. Kalian juga perlu tahu buah dan sayur apa saja yang memiliki kandungan nutrisi dalam mengatasi kurang darah.

Mengenal Penyakit Anemia

Kurang darah sendiri adalah kondisi ketika jumlah sel darah merah di dalam tubuh menurun jauh pada batas normal. Kurang darah juga terjadi karena hemoglobin di dalam sel-sel darah merah tidak cukup untuk memproduksi sel baru. Sehingga, jika tubuh sedang dalam kondisi tidak mendapatkan cukup banyak sel darah dan oksigen yang harus disebar ke seluruh tubuh, maka tubuhmu akan terasa lebih lemah, sampai kulit menjadi pucat. Ada juga gejala kurang darah lainnya seperti sesak napas, cepat lelah, pusing, pucat, sakit kepala.

1. Jambu Biji

Buah penambah darah yang sangat dianjurkan adalah jambu biji. Meskipun buah ini rasanya biasa saja, mudah didapat, dan harganya sangat murah, namun khasiatnya cukup banyak, termasuk untuk dapat mencegah kurang darah. Sebab, jambu biji dapat membantu meningkatkan sel darah merah, karena kandungan zat besinya yang tinggi. Fungsi lain zat besi pada jambu biji akan membantu pembentukkan hemoglobin. Untuk cara pengolahannya sangat mudah dan sederhana.Kalian bisa mengoalah jambu biji menjadi jus, atau dimakan secara langsung.

2. Pisang

Buah berwarna kuning yang satu ini, juga termasuk buah penambah darah yang dianjurkan pada penderita kurang darah atau untuk mencegah kurang darah. Buah Pisang adalah buah yang bisa menghindari kekurangan zat besi, asam folat, vitamin B12 sampai potassium, yang bisa mengatasi penyakit kurang darah. Cara konsumsinya juga cukup mudah, karena pisang dapat langsung dimakan mentah atau dimasak menjadi berbagai macam olahan. Rasa dari buah pisang juga manis dan enak.

3. Buah Naga Merah

Siapa yang tidak suka rasa buah unik yang satu ini? Selain memiliki rasa yang enak dan segar, buah naga juga sangat berguna sebagai penambah darah. Terlihat dari warnanya buah naga bisa digunakan sebagai buah penambah darah. Dikarenakan buah ini mempunyai warna merah pekat dan keunguan juga kaya kandungan nutrisi zat besi, fosfor, kalium, dan berbagai jenis vitamin lainnya. Karena memiliki rasa enak dan warnanya yang tergolong unik, buah ini sering diolah menjadi jus, salad, es buah serta dimakan secara langsung juga sangat nikmat.

4. Alpukat

Buah yang juga mempunyai rasa yang nikmat dan berkhasiat adalah alpukat. Karenanya, alpukat diperkaya dengan nutrisi zat besi tinggi, hingga mineral yang sangat baik untuk membantu meningkatkan hemoglobin. Selain bermanfaat untuk penambah darah, buah ini juga mempunyai kandungan lemak tak jenuh, yang berguna untuk mengurangi risiko dari penyakit jantung sampai menurunkan kolesterol. Kalian dapat memakan buah alpukat dengan tingkat kematangan yang pas.

5. Semangka

Buah berwarna merah segar ini juga dipercaya mampu mengatasi kurang darah. Semangka merupakan salah satu buah penambah darah yang baik untuk proses penyerapan kandungan zat besi. Bukan hanya itu, kandungan zat besi pada semangka juga berkhasiat untuk meningkatkan jumlah sel darah merah pada tubuh. Tidak terlalu mahal, kalian bisa membeli semangka dengan harga yang relatif murah. Cara konsumsinya juga mudah, yakni dapat dimakan secara langsung. Itulah berbagai macam buah yang bisa kalian konsumsi untuk membantu mengobati atau juga mencegah dari penyakit kurang darah. Jika anemia tidak kunjung membaik ada baiknya kalian meminum suplemen penambah darah agar membantu mempercepat sembuhnya kurang darah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *