Cegah Anemia dengan Mengkonsumsi Buah Penambah Darah

KEKURANGAN ZAT BESI
KEKURANGAN ZAT BESI

Kurangnya sel darah merah dalam tubuh bisa disebut dengan anemia. Penyakit anemia menyebabkan aliran oksigen berkurang ke seluruh jaringan tubuh. Secara umum, Gejala anemia bisa berupa tubuh terasa lemas, kulit pucat, sesak napas, pusing kepala, hingga detak jantung menjadi cepat. Kondisi penyakit anemia bisa ditandakan pada seluruh tubuh. Saat anda mengalami penyakit anemia, Kurangnya sel darah merah akan berdampak pada seluruh jaringan tubuh. Selain itu, anemia juga membuktikan bahwa sel darah merah tidak berfungsi dengan baik dalam tubuh. Kurangnya nutrisi untuk penambah darah menjadi salah satu penyebab yang dapat meningkatkan risiko terjadinya anemia.

Nutrisi merupakan salah satu elemen yang sangat dibutuhkan untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Selain itu, Beberapa kandungan seperti zat besi, asam folat, vitamin B12, tembaga, dan vitamin A juga mempengaruhi produksi sel darah merah dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi berbagai makanan pencegah kurang darah yang memiliki kandungan nutrisi cukup tinggi.

Buah yang Mampu Mencegah Anemia

Berikut ini, Anda bisa menemukan kandungan nutrisi yang dibutuhkan dari beberapa macam buah agar dapat mencegah penyakit anemia, diantaranya:

  1. Delima

Delima termasuk salah satu buah yang bermanfaat untuk mencegah penyakit anemia. Ternyata, buah delima memiliki beberapa kandungan, seperti zat besi, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Meskipun buah ini jarang dikonsumsi sebagai kebutuhan sehari-hari, Delima memiliki zat asam karbonat yang dapat membantu tubuh untuk mencegah kekurangan zat besi.

Manfaat yang dimiliki buah delima tidak hanya mencegah anemia saja. Tetapi, Buah yang memiliki rasa asam dan manis ini juga bermanfaat untuk menjaga jantung agar tetap sehat dan bisa mengurangi dampak penyakit sendi. Tidak ada larangan untuk mencoba buah delima agar kesehatan tubuh anda tetap stabil dan terjaga dengan baik.

  • Pisang

Pisang telah menjadi salah satu buah yang banyak disukai semua masyarakat. Buah pisang sangat mudah untuk didapatkan dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah pisang ini memiliki beberapa kandungan, seperti karbohidrat, magnesium, dan kalium yang sangat tinggi.

Kandungan zat besi dalam buah pisang juga berfungsi untuk mencegah penyakit anemia. Pisang juga mengandung beberapa vitamin yang dapat mempengaruhi produksi darah dalam jaringan tubuh.

  • Apel

Mengkonsumsi apel dengan rutin dapat menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Penyakit anemia juga bisa dihindari dengan cara mengkonsumsi kulit apel. Hal ini bisa terjadi karena buah apel mengandung zat besi.

Apel juga memiliki kandungan flavonoid dan antioksidan. Sehingga serat yang dimiliki buah ini cukup tinggi. Dengan adanya kandungan ini, Anda bisa merasakan manfaat lain seperti menjaga kesehatan jantung dan juga dapat membantu menurunkan berat badan.

  • Stroberi

Buah stroberi memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Manfaat kandungan antioksidan pada stroberi yaitu, Untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Kerusakan pada radikal bebas yang ada dalam sel tubuh bisa dilindungi dengan antioksidan.

  • Semangka

Selain untuk mencegah dehidrasi, Buah semangka juga bisa membuat anda terhindar dari penyakit anemia. Hal ini dikarenakan buah semangka mengandung zat besi di dalamnya. Tidak ada larangan untuk mengkonsumsi buah semangka sebagai makanan penutup makan siang. Selain rasanya yang segar, buah semangka juga mudah didapatkan.

  • Jeruk

Ketika anda kekurangan vitamin C, Zat besi dalam tubuh tidak bisa diserap dengan baik. Agar vitamin C dalam tubuh terpenuhi dengan baik, Anda bisa mengkonsumsi buah jeruk. Jadi, Tubuh akan lebih mudah melakukan penyerapan zat besi.

Ketika badan terasa lemas, konsumsilah beberapa buah di atas agar terbebas dari penyakit anemia. Anda juga bisa menggunakan beberapa suplemen penambah darah untuk memenuhi kebutuhan darah harian.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *