Cara Ampuh Mencegah Kurang Darah Secara Alami

Mencegah Kurang Darah
Mencegah Kurang Darah

Anemia atau kekurangan darah tidak bisa disepelekan. Kalian perlu menggunakan obat penambah darah. Akan tetapi, anemia dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan zat besi dan obat penambah darah. Lalu, apakah yang dimaksud dengan kurang darah? Anemia dapat diartikan dengan rendahnya jumlah sel darah merah yang ada pada tubuh.

Hal ini bisa diketahui dari hemoglobin atau hematokrit yang rendah saat kalian melakukan tes darah secara rutin. Hemoglobin adalah bagian inti dari sel darah merah yang menampung protein. Peran hemoglobin adalah untuk membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Kalian bisa bayangkan jika kandungan hemoglobin dalam darah tidak mencukupi, akibatnya organ tubuh tidak akan mendapatkan oksigen dengan baik. Dampaknya, tubuh pun terasa sangat lemas dan lemah.

Penyakit kurang darah dapat dialami oleh semua orang termasuk juga anak-anak. Apalagi jika kalian memiliki riwayat penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Dalam dunia medis, ada banyak macam anemia yang bisa saja kalian alami. Mulai dari yang ringan sampai kurang darah yang sulit disembuhkan.

Kasus kurang darah inilah yang memerlukan bantuan medis serta obat penambah darah. Kurang darah bukan hanya dapat membuat tubuh penderitanya cepat lemas dan lelah. Pada penderita kurang darah yang cenderung berat, biasanya akan muncul gejala lain. Contohnya, kulit yang tampak pucat, kuku menjadi rapuh, sakit pada kepala, pusing saat berdiri, tangan dan kaki menjadi dingin, sulit nafas.

Obat Penambah Darah Alami

Jika kalian terjangkit penyakit kurang darah, tak ada cara lain selain mengonsumsi obat penambah darah. Kalian bisa membeli suplemen atau obat penambah darah untuk kurang darah yang ada di pasaran. Akan tetapi, ada cara alami untuk kalian untuk dapat menghindari kurang darah, cobalah untuk mengonsumi racikan jamu atau obat penambah darah secara alami berikut ini:

1. Jus Buah Bit

Obat penambah darah alami yang pertama bisa kalian dapatkan dengan minum jus buah bit. Tahukah kalian jika buah bit mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi? Bukan hanya bagus untuk mencegah kurang darah, buah bit juga banyak mengandung antioksidan yang berfungsi untuk membantu kulit agar tampak lebih segar. Kalian bisa memberi campuran madu untuk mengatasi rasa pahit dari buat bit. Minum saat dingin supaya jus buat bit dan wortel terasa lebih lezat.

2. Jus Delima Putih

Salah satu gejala kurang darah yang tidak cukup enak adalah saat mengalami sakit kepala atau pusing. Rasa tidak nyaman tersebut bisa terjadi saat kalian beraktivitas terlalu berat. Coba saja untuk minum jus buah delima putih sebagai obat penambah darah alami. Caranya, potong dan peras 150 gram daging dari buah delima putih dengan menggunakan kain kasa. Lalu tambahkan 2 sendok makan air dari jeruk nipis, 1 gelas air dingin, dan 1 sdm madu. Minum obat penambah darah alami ini setiap seminggu sekali.

3. Jus Selada Air dan Lobak

Ramuan atau racikan obat penambah darah alami selanjutnya adalah jus selada air yang dicampur dengan lobak. Kedua macam sayuran ini kaya kandungan zat besi dan vitamin D. Untuk membuat jus menggunakan sayuran ini, Anda hanya perlu menyiapkan selada air dan buah lobak sesuai keinginan. Cuci bersih dan potong-potong menjadi beberapa bagian. Masukkan semua bahan tadi ke dalam blender lalu tambah satu gelas air supaya lebih segar, tambahkan perasan jeruk lemon dan madu ke dalam minumannya. Sajikan saat dingin agar lebih enak saat diminum.

4. Teh Jelatang

Teh jelatang atau biasa dikenal sebagai urtica dioica ini sering sekali dikenal sebagai tanaman gulma di halaman. Namun, siapa yang mengira jika jelatang bisa menjadi ramuan herbal atau obat penambah darah alami? Daun dari tanaman jelatang yang bercabang dan terlihat seperti daun mint. Saat disentuh, daun ini dapat memberi sensasi gatal dan terbakar pada kulit. Meskipun begitu daun ini mempunyai berbagai macam manfaat. Mulai dari mengobati radang pada sendi, mencegah tekanan darah tinggi, hingga dapat menjadi obat penambah darah alami. Saat itu, daun jelatang juga bisa kalian temukan dalam bentuk teh herbal dan bisa diperoleh di beberapa apotek atau toko obat yang menyediakan ramuan obat dari Tiongkok.

5. Jamu Bebas Anemia

Dikutip dari buku tradisional Resep Sehat dan Ayu dengan Racikan Tradisional Jawa, kalian bisa mencoba ramuan jamu bebas anemia untuk menjadi obat penambah darah secara alami.

Bahan-bahan:

1 jari rimpang kencur
1 jari rimpang kunyit
7 helai bayam merah

1 butir kuning telur ayam kampung, diambil hanya kuningnya.

Cara Pembuatan:

  1. Kupas kulit kencur dan kunyit. Cuci sampai bersih kedua bahan tadi bersamaan dengan bayam merah. Tumbuklah hingga halus, campurkan dengan segelas air hangat.
  2. Peras menggunakan kain halus yang bersih.
  3. Saat akan kalian minum campurkan 1 butir kuning telur dan tambahkan sedikit madu. Minumlah obat penambah darah alami ini dalam dua hari sekali saat sore hari.

Itulah beberapa hal yang wajib kalian ketahui tentang kurang darah, makanan yang perlu dikonsumsi untuk upaya pencegahan kurang darah, sampai obat penambah darah secara alami agar terhindar dari kurang darah. Namun jika kalian merasa kurang dengan menggunakan obat penambah darah di atas, kalian dapat meminum suplemen penambah darah supaya membantu pencegahan kurang darah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *