6 Jenis Minuman Penambah Darah untuk Mencegah Anemia

KURANG DARAH
KURANG DARAH

Kekurangan darah atau disebut dengan penyakit anemia bisa membuat kondisi tubuh Anda terasa lemas, kulit terlihat pucat, dan sakit kepala. Untuk mengatasi penyakit ini, Anda bisa mengkonsumsi minuman penambah darah. Pada umumnya, minuman penambah darah terbuat dari bahan herbal alami seperti buah dan sayur yang mengandung vitamin lain untuk mendukung penyerapan zat besi pada tubuh.

Beragam minuman penambah darah yang dapat dikonsumsi

Mengkonsumsi makanan maupun minuman penambah darah dapat meredakan gejala anemia. Langkah ini juga bisa dilakukan untuk mencegah penyakit anemia. Dibawah ini ada beberapa contoh minuman penambah darah yang bisa dikonsumsi:

1. Jus Wortel

Selain zat besi, komponen lain yang direkomendasikan untuk membantu meredakan anemia yaitu vitamin A. Hal ini bisa terjadi karena vitamin A mampu menguatkan zat besi agar tubuh bisa bergerak ke pusat pembuatan sel darah merah. Pada saat tubuh kekurangan vitamin A, gejala anemia defisiensi besi yang terjadi membuat kondisi tubuh semakin parah. Oleh karena itu, Hal ini dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi minuman penambah darah seperti jus wortel.

2. Jus Semangka

Selain wortel, Ternyata buah semangka juga bisa dijadikan sebagai sumber vitamin A. Salah satu cara agar penggunaan zat besi pada tubuh bekerja dengan maksimal dan pembuatan sel darah merah lancar, Anda bisa minum jus semangka.

3. Jus Jeruk

Penyerapan zat besi pada tubuh menjadi semakin maksimal ketika Anda mengkonsumsi vitamin C. Jadi, pada saat Anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, sangat disarankan untuk mengkonsumsi minuman yang memiliki vitamin C. Dengan kandungan vitamin C yang dimiliki jeruk, Buah ini bisa dijadikan sebagai minuman penambah darah alami. Selain itu, jus jeruk juga mengandung folat yang berguna untuk seseorang pengidap penyakit anemia.

4. Jus Sayur

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale bisa menjadi sumber zat besi non heme yang dapat membantu mencegah terjadinya penyakit anemia. Selain dijadikan makanan penambah darah, Sayuran berdaun hijau juga bisa dibuat sebagai minuman penambah darah. Bagi sebagian orang, Mungkin jus sayur terdengar tidak menarik. Rasa jus sayur akan terasa segar apabila dalam jus itu ditambahkan buah yang dapat mencegah anemia seperti jeruk.

5. Jus Kiwi

Kandungan yang dimiliki buah kiwi sama seperti jeruk yaitu, mengandung banyak vitamin C yang dapat dijadikan sebagai minuman penambah darah. Buah ini menyerap lebih banyak zat besi dalam tubuh sehingga produksi sel darah merah bisa meningkat.

  • Jus Stroberi

Tubuh kita memerlukan vitamin C untuk melakukan penyerapan zat besi agar tidak mengalami kekurangan darah. Ternyata, Stroberi dapat dijadikan sebagai buah penambah darah yang bisa mencegah penyakit anemia. Selain itu, Buah stroberi juga bisa dibuat sebagai minuman penambah darah. Hal ini bisa terjadi karena kandungan vitamin C yang ada pada buah stroberi membantu meningkatkan kapasitas antioksidan dalam darah.

Selain makanan penambah makanan, Anda juga bisa mengkonsumsi beberapa minuman penambah darah seperti penjelasan diatas. Konsumsilah minuman penambah darah untuk mencegah terjadinya penyakit anemia pada tubuh Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *