5 Jenis Sayur dan Buah Penambah Darah untuk Mencegah Anemia

KEKURANGAN ZAT BESI
KEKURANGAN ZAT BESI

Kurangnya darah dapat menyebabkan gejala penyakit seperti anemia. Hal ini biasanya terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah. Sel darah merah diperlukan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Tanda-tanda gejala kurang darah yang dapat ditimbulkan, seperti tubuh terasa lemas, sakit kepala, nyeri dada, dan kulit terlihat pucat. Memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan termasuk salah satu cara untuk mengatasi kurangnya darah. Jenis makanan sehat yang dapat dikonsumsi untuk tubuh adalah sayur dan buah. Mengkonsumsi sayur dan buah penambah darah yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup akan membantu jaringan tubuh untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

Sayur dan Buah Penambah Darah

Mengkonsumsi makanan yang tepat akan membantu tubuh Anda untuk mencegah kekurangan darah. Pola makan yang teratur sangat penting diperhatikan untuk Anda yang mengalami kekurangan darah. Berikut ini ada 5 jenis sayur dan buah penambah darah yang dapat ditemukan di sekitar Anda:

  1. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran penambah darah yang baik dikonsumsi untuk orang yang mengidap penyakit anemia. Kandungan vitamin C yang dimiliki sayur brokoli dapat melakukan proses penyerapan zat besi ke seluruh jaringan tubuh dengan ampuh. Selain memiliki kandungan vitamin C, Brokoli juga banyak mengandung asam folat, serat, dan vitamin K.

  • Kale

Kale juga termasuk salah satu sayuran penambah darah. Sayur kale memiliki beberapa kandungan, seperti serat, zat besi, kalsium, antioksidan, vitamin C, dan vitamin K. Nutrisi ini dibutuhkan untuk tubuh agar mencegah terjadinya berbagai gangguan kesehatan.

Antioksidan yang terdapat pada sayur kale bermanfaat untuk membuang racun dari seluruh jaringan tubuh. Racun yang dikenal sebagai radikal bebas menjadi molekul dalam sel dan membuat tubuh tidak berjalan stabil. Radikal bebas ini bisa menyebabkan kerusakan pada sel jaringan tubuh. Hal ini akan menyebabkan masalah pada kesehatan seperti peradangan dan beberapa penyakit.

  • Delima

Delima termasuk salah satu buah yang dapat mencegah penyakit anemia. Buah delima memiliki beberapa kandungan, seperti zat besi, vitamin A, dan vitamin C. Meskipun buah ini jarang dikonsumsi, delima memiliki zat asam karbonat yang bermanfaat untuk mencegah kekurangan zat besi ke seluruh tubuh.

  • Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang banyak disukai semua masyarakat. Buah pisang memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, Buah ini mengandung zat besi yang tinggi. Kandungan zat besi yang dimiliki buah pisang berfungsi untuk mencegah penyakit anemia. Pisang juga mengandung beberapa vitamin yang dapat meningkatkan produksi darah dalam jaringan tubuh.

  • Jeruk

Beragam jenis jeruk telah menjadi buah Andalan untuk penambah darah. Hampir semua buah jeruk mengandung vitamin C yang sangat tinggi.

Selain meningkatkan produksi sel darah merah, mengkonsumsi jeruk juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih. Buah ini menawarkan beberapa vitamin dan senyawa tanaman yang dapat membantu tubuh tetap sehat.

Selain suplemen penambah darah, mengkonsumsi beberapa jenis sayur dan buah penambah darah seperti yang sudah disebutkan di atas juga bisa mencegah penyakit anemia dan dapat membantu meningkatkan zat besi dalam jaringan tubuh.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *