5 Jenis Makanan Penambah Darah

KEKURANGAN ZAT BESI
KEKURANGAN ZAT BESI

Ada yang pernah dengar gak nih kalau kurang zat besi mengakibatkan terjadinya penurunan terhadap sel darah merah dalam tubuh. Artinya, Tubuh tidak bisa memproduksi hemoglobin dalam jumlah yang cukup. Hemoglobin merupakan salah satu zat dalam sel darah merah yang bertujuan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Tubuh akan terasa lemas dan mudah lelah ketika Anda kekurangan zat besi. Jenis makanan yang mengandung zat besi ada dua, yaitu:

  1. Heme

Heme merupakan salah satu jenis zat besi yang berasal dari hemoglobin hewani, seperti daging merah, daging ayam, dan ikan.

  • Non-heme

Non-heme merupakan bentuk zat besi yang berasal dari tumbuhan, seperti sayuran berdaun hijau, sayuran berdaun gelap, kentang, buah-buahan yang kering, kacang-kacangan, serta biji-bijian.

Tubuh lebih cepat menyerap zat besi heme yang bersumber dari makanan hewani. Zat besi akan lebih mudah diserap apabila Anda mengkonsumsi suplemen makanan pencegah kurang darah sumber vitamin C dengan makanan yang mengandung zat besi, seperti sayuran hijau dan buah-buahan.

Beragam Jenis Makanan Sehat untuk Penambah Darah

Berikut ini ada beberapa makanan penambah darah yang memiliki kandungan zat besi, yaitu:

1. Daging Merah dan Daging Ayam

Salah satu sumber makanan yang memiliki zat besi tinggi yaitu daging merah. Beberapa contoh daging merah, seperti daging sapi, daging kambing, dan daging ayam. Jenis makanan ini sangat mudah ditemukan. Setiap 100 gram daging merah memiliki kandungan zat besi sekitar 2,7 miligram. Jumlah kandungan zat besi ini memenuhi sekitar 15% dari setiap asupan harian yang disarankan.

Sementara itu, Anda juga mendapatkan asupan harian zat besi sekitar 13% dari 100 gram daging ayam yang telah dikonsumsi. Daging bebek juga cocok untuk dijadikan jenis makanan penambah darah.

2. Makanan Laut

Dua jenis makanan laut seperti kerang dan tiram mengandung zat besi yang sangat tinggi. Kandungan zat besi pada kerang memiliki jumlah sebesar 28 miligram dari setiap 100 gramnya dan memenuhi sekitar 155% total asupan harian. Ternyata, kandungan zat besi yang terdapat pada kerang sangat beragam. Jadi, Tidak semua jenis kerang mengandung zat besi yang tinggi.

3. Sereal, Kacang, dan Biji-Bijian

Beberapa jenis sereal yang mengandung zat besi dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh. Ada banyak jenis sereal di pasar yang bisa Anda pilih sesuai selera. Selain sereal, biji-bijian dan kacang-kacangan juga memiliki kandungan zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Beberapa contoh kacang dan biji yang mengandung zat besi, seperti kacang hitam, kacang merah, kacang arab, biji wijen, dan biji labu.

4. Sayuran Berdaun Gelap

Sayuran seperti bayam dan brokoli sangat baik untuk dikonsumsi karena mempunyai sumber zat besi yang cukup tinggi. Selain itu, Sayuran berdaun gelap lainnya juga kaya akan zat besi. Nah, Anda harus memasak sayuran tersebut hingga matang, karena proses ini memudahkan tubuh untuk menyerap zat besi.

Beberapa jenis makanan penambah darah seperti yang sudah disebutkan di atas bisa membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian. Namun jika kebutuhan zat besi yang dikonsumsi dari makanan dan minuman dirasa kurang, tambahkan beberapa suplemen penambah darah agar terhindar dari gejala anemia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *